Kandungan dan Keutamaan-Keutamaan Surat Yasin

Soal: Apakah ada hadits-hadits shahih terkait dengan keutamaan bacaan surat Yasin?

Jawab:

Surat ‘Yasin’ termasuk surat Al-Qur’an Makkiyah yang agung. Bilangan ayatnya ada delapan puluh tiga ayat. Ayat-ayatnya pendek dan sangat mengena di hati orang mukmin. Pembahasan utama adalah (seperti) pembahasan surat-surat Makkiyah, berbicara tentang tauhid Uluhiyah dan Rububiyah dan akibat orang-orang yang mendustakannya. Problematika yang menjadi pokok utama dalam surat ini adalah masalah kebangkitan dan dikumpulkan (di hari kiamat).

Terdapat banyak hadits terkait dengan keutamaan surat ini. Kebanyakan dusta dan palsu, sebagian lagi sedikit lemah. Kami belum mendapatkan hadits shahih khusus terkait keutamaan surat Yasin.

Di antara yang ada terkait dengan keutaman surat ini dan dilemahkan oleh pakar ilmu hadits – kami ketengahkan disini untuk diperhatikan, yaitu;

“Sesungguhnya pada setiap sesuatu itu ada jantung. Dan jantungnya Al-Qur’an adalah Yasin. Barangsiapa membacanya, maka dia seakan-akan membaca Al-Qur’an sepuluh kali.”

“Barangsiapa yang waktu malamnya membaca surat Yasin, maka dia akan diampuni pada pagi harinya.”

“Barangsiapa selalu membaca (Yasin) pada setiap malam, kemudian dia mati, maka dia mati dalam keadaan syahid.”

“Barangsiapa yang masuk kuburan dan membaca surat Yasin, maka pada hari itu akan diringankan (siksanya) dan dia akan mendapatkan pahala sebanyak yang ada di dalamnya.”

Silahkan lihat kitab Al-Maudhu’at karangan Ibnu Al-Jauzi, 2/313. Al-Fawaid Al-Majmu’ah karangan Syaukani, 942, 979. Silahkan lihat risalah ‘Hadits Qalbul Qur’an Yasin Fil Mizan, wa Jumlah Mimma Ruwiya Fi Fadhoiliha, karangan Syekh Muhammad Amr Abdul Latif hafidhohullah.

About these ads

Posted on Januari 15, 2013, in Fiqh - Tanya Jawab Fiqh. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

%d bloggers like this: