Surat al-Fatihah Untuk Membuka Acara

Soal: Mengapa setiap shalat, setiap membaca al-Qur’an dan setiap majelis harus diawali dengan surat al-Fatihah?

Jawab:  Pertanyaan ini sesungguhnya terdiri dari tiga bagian.

Pertama : Mengapa di dalam shalat didahulukan membaca al-Fatihah sebelum surat lainnya ? Demikianlah Rasulullah Shallalohu’alaihi wasallam mengajarkan, beliau membaca Al-Fatihah sebelum membaca surat lainnya. Dan ketahuilah Membaca Al-Fatihah termasuk rukun shala Rasulullah shallalohu’alaihi wasallam bersabda: (Laa Shalaata Liman Lam Yaqro` bi faatihatil Kitaab) Tidak ada shalat orang yang tidak membaca Al-Fatihah) ;sedangkan surat lain itu hukumnya sunnah.

Kedua: Haruskah mengawali bacaan Al-Quran dengan Al-Fatihah ? Jawaban pertanyaan ini, bukanlah satu keharusan sebelum membaca Al-Quran diawali dengan surat Al-Fatihah.

Ketiga: Adakah syareat mengawali majelis dengan membukanya dengan membaca surat Al-Fatihah? Mengawali majelis dengan membaca Al-Fatihah tidak dicontohkan Rasulullah saw, demikian pula para shahabat, para tabi’in (Lihat pembahasan masalah  membuka majelis dengan surat Al-Fatihah dalam Tafsir Surat Al-Fatihah oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahiahullah) wallahua’lam.

About these ads

About salafartikel

bismillah

Posted on September 4, 2013, in Fiqh - Tanya Jawab Fiqh. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

%d bloggers like this: