Jangan Panaskan Sayur Bayam Lebih dari Satu Kali..

Bayam adalah salah satu sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena merupakan salah satu sumber zat besi bagi tubuh… zat besi bagi tubuh sangat penting bagi aktifitas manusia jika kita kekurangan zat besi efek yang terjadi adalah cepat lelah, lemah, letih dan lesu… oleh karena itu wajar kalau bayam merupakan salah satu makanan favorit bagi masyarakat Indonesia… biasanya berdampingan dengan goreng tempe dan sambal.. hmm.. enak…

Tetapi dalam memasak bayam anda harus berhati-hati karena jika sayur bayam dipanaskan berulang-ulang maka yang terjadi adalah efek toksisitas bagi tubuh, dalam kandungan bayam yang di masak terdapat nitrat yang jika dipanaskan nitrat tersebut akan mengikat Oksigen dari lingkungan kemudian akan berubah menjadi senyawa nitrit, nah.. senyawa inilah yang menimbulkan efek toksisitas tersebut… Nitrit yang masuk kedalam tubuh dapat membuat hemoglobin darah berubah menjadi methemoglobin, jika Hemoglobin darah yang berubah menjadi methemoglobin lebih dari 40 % maka efek yang terjadi bagi orang yang memakannya adalah pingsan. Jika pingsan lebih lama maka aliran oksigen ke otak menjadi berkurang.. dan tentunya jika otak kekurangan oksigen akan mengakibatkan kerusakan otak..

Oleh karena itu sebaiknya sebelum memasak bayam diperhatikan beberapa hal berikut

  • Bayam yang ada di cuci bersih sebelum di masak
  • Sajikan bayam dengan kreasi yang nikmat sehingga cepat habis
  • Sayur bayam yang tersisa jangan dipanaskan kembali, oleh karena itu masak jangan berlebihan secukupnya saja.
  • Apabila timbul keracunan segera pergi ke dokter

yang terpenting dalam menyajikan sayuran bayam adalah mencucinya dan masak secukupnya saja, sehingga habis dalam waktu singkat.

 

 

 

Posted on April 22, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: