Masyaallah Daun Kelor, Daun Ajaib.


Daun kelor adalah bahan yang sangat bagus untuk berbagai masakan. Di pedesaan daun kelor sering dimanfaatkan sebagai sayur kelor atau campuran sayur asam . Sekilas daun kelor mirip dengan daun katuk, bentuknya bulat dan berwarna hijau. Aroma daunnya agak langu, namun aroma berkurang ketika daun mudanya diolah menjadi sayur bening atau sayur bobor.

Kelor termasuk tanaman berkayu yang tingginya bisa mencapai 6 meter. Biji tanaman kelor yang sudah tua bisa dimanfaatkan sebagai penjernih air sumur yang keruh. Sedangkan daun kelor enak dimakan menjadi beragam masakan.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Keunggulan daun kelor terletak pada kandungan nutrisinya yang masyaallah luar biasa, terutama golongan mineral dan vitamin.

Setiap 100 g daun kelor mengandung 3390 SI vitamin A. Dua kali lebih tinggi dari bayam dan tigapuluh kali lebih tinggi dari buncis. Daun kelor juga tinggi kalsium, sekitar 440 mg/100 g, serta fosfor 70 mg/100 g.

riset menyebutkan bahwa daun kelor mengandung nutrisi penting sebagai berikut: (1) Sepuluh vitamin esensial dan sebelas mineral penting. (2) Sembilan asam amino esensial lengkap.(3) Lebih dari 24 jenis anti-oksidan. (4) Lebih dari 24 nutrisi anti-inflamasi. (5) Asam lemak Omega-3 dan Omega-6.

Beberapa khasiat daun kelor

(1) Anti inflamasi: Kelor memiliki fungsi pengobatan karena mengandung kalsium dan pospor. Kandungan mineral dan vitamin sangat tinggi dibanding sayuran lainnya. Tidak heran, media asing banyak yang menyebut kelor sebagai “miracle tree” maupun “Tree for Life”.
Dari penelitian daun kelor, daun kelor  biidznillah mampu menghambat aktifasi NFkB dan menurunkan ekspresi protein tumor.

(2) Menurunkan kolesterol jahat: Kelebihan kolesterol dapat memacu berbagai penyakit. Tingginya kadar kolesterol dipicu pola makan yang kurang sehat dan ditambah faktor psikologis seperti stress. Hormon adrenalin dan kostisol dapat memicu produksi kolesterol dalam tubuh.
Penelitian tentang daun kelor membuktikan, bahwa efek dari ekstrak kelor dapat sebanding dengan obat atenolol dalam menurunkan kadar lemak dalam tikus. Penelitian ini masih banyak dilakukan juga terkait peran i2 sitosterol, senyawa bio aktif yang terkandung dalam daun kelor.

3. Mengatasi Nyeri, Letih, Linu: Daun ini mengandung pterigospermin yang merangsang kulit sehingga dapat berfungsi sebagai param yang manghangatkan. Jika daun kelor dilumat dan dibalur akan mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik.

Posted on April 22, 2012, in Obat Tradisional. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.