Abu Hurairah Perawi Hadits

Abu Ismail Muhammad Rijal, Lc

Ada sebagian kalangan mempertanyakan kenapa hadits-hadits Abu Hurairah lebih banyak ketimbang hadits-hadits Abu Bakr Ash-Shiddiq dan Shahabat lainnya. Yang paling parahnya adalah Orientalis, kaum kuffar, munafikin dan Syiah Rafidhah.

Namun bagi mereka yang mau menggunakan sedikit akalnya dapat memahami kenapa hal itu terjadi.

Abu Hurairah Ra masuk islam di tahun Khaibar, 7 H. Semenjak keislamannya beliau selalu mengiringi Rasulullah Shallallohu’alaihi wasallam hingga wafat beliau di tahun 11 H.

Jika muncul pertanyaan, kenapa Abu Bakr Ash-Shiddiq shahabat  pertama yang masuk islam dari kalangan laki-laki lebih sedikit haditsnya disbanding Abu Hurairah ? Abu Bakr bersama Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam selama 23 tahun seharusnya lebih bnyak hadits yang diriwayatkan.

Sebagai jawaban: Ada beberapa alasan kenapa riwayat Abu Hurairah lebih banyak dari Abu Bakr Ash-Shiddiq:

(1) Sebab Pertama: Abu Hurairoh berumur panjang. Beliau wafat tahun 58 H, artinya 47 tahun setelah wafatnya Rasulullah shallallohu’alaihi wasallam, sementara Abu Bakr Ash-Shiddiq meninggal tahun 13 h, 2 tahun sepeninggal Rasulullah shallallohu’alaihi wasallam. Sehingga sangatlah wajar jika hadits Abu Hurairah yang beliau sampaikan kepada para tabi’in yang kemudian disampaikan kepada generasi berikutnya lebih banyak karena beliau menyampaikan hadits selama 47 tahun.

(2)Sebab Kedua: Abu Bakr Ash-Shiddiq sepeninggal Rasulullah shallallohu’alaihi wasallam disibukkan dengan amalan yang sangat urgen bagi keberlangsungan dakwah islam, yaitu menumpas nabi palsu, Musailamah Al-Kadzdzab, membendung  gerakan kaum yang murtad, termasuk memerangi kaum yang menolak membayar zakat, beliau juga mengirim pasukan yang telah dibentuk Rasulullah shallallohu ‘alaihi wasallam yang dipimpin Usamah bin Zaid ke wilayah Romawi. Waktu pendek yang dimiliki Abu Bakr Ash-Shiddiq Allah berkahi untuk membela kemuliaan islam.

(3)Sebab Ketiga: Abu Hurairoh tinggal di kota Madinah. Kota ilmu, dan kota yang dituju para penuntut ilmu dari segala penjuru. Oleh karena itu murid beliau sangat banyak dari segala penjuru wilayah islam…inilah salahsatu sebab menjadi banyaklah hadits-hadits Rasulullah saw yang sampai kepada ummat melalui Abu Hurairoh.

(4)Sebab Keempat: Rasulullah Shallallohu’alaihi wasallam pernah mendoakan secara khusus bagi Abu Hurairoh agar tidak pernah lupa akan apa yang beliau dengar dari Rasulullah, maka semenjak itu Allah bukakan pintu-pintu ilmu bagi Abu Hurairah Radhiyallohu’anhu.

Kemudian perlu diketahui pula, bukan berarti Abu Hurairoh lebih mulia dari Al-Khulafaur Rasyidin. Tetap mereka lebih afdhol dari Abu Hurairoh dari sisi ilmu, ketakwaan, kedekatan di sisi Allah dan ini kesepakatan ummat. Namun yang sedang menjadi pembicaraan kita adalah: Apa yang menjadi sebab hadits Abu Hurairoh lebih banyak sampai kepada ummat dari Al-Khulafaur Rasyidin ??

Ini sebagaian jawaban yang bisa kita sebutkan di waktu dan tempat yang terbatas ini, semoga cukuplah isyarat ini sebagai bahan renungan bagi para pencela shahabat, para pencela khulafaur rasyidin dan shahabat lainnya… (Karanggintung, Abu Ismail Muhammad Rijal Lc.)

Posted on Juni 19, 2012, in Aqidah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: