Meraih Ridha Dan Cinta Allah Dalam Hidup Bertetangga

Abu Isma’il Muhammad Rijal Isnain

Rasulullah Shallallohu’alaihi wasallam  bersabda:

خَيْرُ الأصْحَابِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لصَاحِبِهِ وَخَيْرُ الجِيْرَانِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لِجَارِهِ

“Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah mereka yang terbaik pada sahabatnya dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah mereka yang terbaik pada tetangganya.”

Takhrij Hadits

Hadits ini diriwayatkan At-Tirmidzi dalam As-Sunan, Kitab Al-Birr Wash-shilah Bab Ma Ja’a Fi Haqqil Jiwar (1/353) no.1944, Ad-Darimi dalam As-Sunan (2/215) no. 2441, Ibnu Hibban dalam Shahih-nya no. 518 dan 519, Al-Hakim dalam Al-Mustadrak (2/101) dan (4/164), Ahmad bin Hanbal dalam Al-Musnad (2/167-168), Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad Bab Khairul Jiran no. 115, dan Ibnu Bisyran dalam Al-‘Amali (1/143), melalui jalan Haiwah bin Syuraih dan Ibnu Lahi’ah. Keduanya meriwayatkan dari Syarahbil bin Syarik dari Abu Abdirrahman Al-Hubuli dari Abdullah bin Amr bin Ash[1] t dari Nabi Shallallohu’alaihi wasallam.

Melalui dua perawi inilah ( yakni Haiwah bin Syuraih dan Ibnu Lahi’ah) semua meriwayatkan hadits Abdullah Ibnu Amr t, kecuali At-Tirmidzi, Al-Bukhari, Ibnu Hibban dan Al-Hakim, mereka hanya menyebutkan Haiwah bin Syuraih tanpa menyertakan Ibnu Lahi’ah dalam sanad hadits.

Hadits ini shahih, semua perawinya tsiqah wallahua’lam, walaupun ada kelemahan pada Ibnu Lahi’ah sebagaimana dimaklumi, akan tetapi dia meriwayatkan bersama Haiwah bin Syuraih. Dishahihkan oleh Ibnu Hibban, Al-Hakim, dan disepakati oleh Adz-Dzahabi, demikian pula Ibnu Bisyran menshahihkannya, dan dihasankan oleh At-Tirmidzi rahimahumullah.

Berkata Al-Hakim: Shahih ‘ala syarthi Asy-Syaikhain (Hadits ini shahih sesuai syarat dua Syaikh yakni Al-Bukhari dan Muslim).[2]

Berkata Ibnu Bisyran: “Haditsun Shahihun wa Isnaduhu Kulluhum Tsiqat.” (Hadits ini shahih dan sanadnya semuanya rawi-rawi terpercaya).

At-Tirmidzi berkata: Haditsun Hasanun Gharib (Hadits ini hasan gharib).

Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani menshahihkan hadits ini dalam Ash-Shahihah (1/211) no. 103.

Islam Mengatur Adab Bertetangga

Sebagai makhluk sosial, mustahil bagi manusia hidup menyendiri tanpa tetangga atau orang lain. Oleh karenanya, Allah I memerintahkan kita saling membantu di atas kebaikan dan takwa. Allah I berfirman:

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (QS. Al-Maidah : 2)

Hadits Abdullah bin Amr t yang ada di hadapan kita, adalah sekian dari sabda Rasulullah r yang mengatur kehidupan seorang muslim dalam berakhlak dan bermuamalah dengan tetangganya.[3]

Mereka adalah orang terdekat dalam kehidupan. Tidaklah seorang keluar dari rumah melainkan dia lewati tetangganya, di saat dirinya membutuhkan bantuan tetanggalah orang pertama yang dia ketuk pintunya, di saat bepergian tetanggalah orang yang menjaga rumahnya, bahkan disaat dia meninggal bukan kerabat jauh yang diharapkan mengurus dirinya, tetapi tetanggalah yang dengan tulus bersegera menyelenggarakan pengurusan jenazahnya.

Begitu mulianya tetangga, islam datang mengajarkan adab-adab bertetangga untuk meraih cinta dan keridhaan Allah I. Dalam sebuah ayat Allah I berfirman:

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (Q.S. Nisa: 36).

Rasulullah r mendorong umatnya untuk berbuat baik kepada tetangga dengan segala bentuk kebaikan, baik ucapan atau perbuatan sebagaimana ditunjukkan hadits Abdullah bin ‘Amr t.

Sabda ini juga memberikan faedah bahwa manusia bertingkat-tingkat dalam berbuat baik kepada tetangga. Semakin baik seorang kepada tetangga, semakin mulia dan tinggi pula derajatnya di sisi Allah I.

Hadits ini juga memberikan isyarat yang sangat lembut untuk kita berlomba dalam berbuat baik kepada tetangga agar menjadi yang terbaik di sisi Allah I meraih ridha dan cinta-Nya. Demikianlah dunia, di atas kefanaannya, Allah I jadikan dia sebagai ladang beramal dan berlomba meraih kedekatan di sisi Allah I.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan. (Q.S Al Maidah : 35)

Bagaimana Berbuat dan Berakhlak Baik Pada Tetangganya?

Menapaki perjalanan hidup Rasulullah r adalah satu-satunya cara untuk menjadi orang yang berakhlak mulia dan dicintai Allah I karena beliau adalah suri tauladan terbaik bagi manusia dalam segala sisi kehidupan. Allah I berfirman:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (Q.S.Al Ahzab :21)

Jawaban di atas adalah kaedah dalam kita mengarungi samudera kehidupan termasuk di dalamnya hidup bertetangga, sekaligus sebagai timbangan untuk menilai sejauh mana akhlak kita kepada tetangga. Dengan meminta pertolongan Allah I berikut disebutkan beberapa pembahasan terkait dengan adab yang mulia ini.

Pembaca rahimakumullah, secara umum seorang dikatakan berbuat baik dan memiliki adab mulia kepada tetangga jika dia berusaha mewujudkan dua pokok penting dalam hidup bertetangga.

Pokok pertama: Menahan diri dari segala bentuk kedzaliman dan perkara yang mendatangkan madharat kepada tetangga. Pokok ini ditunjukkan dalam sabda Rasulullah r:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمَ الْآخِرْ فَلَا يُؤْذِ جَارَه

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah dia sakiti tetangganya.”[4]

Pokok kedua:Berbuat baik dan menempuh segala sebab syar’i yang mendatangkan kebaikan bagi tetangga. Sebagaimana ditunjukkan dalam sabda Rasulullah r :

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ باللهِ وَاليَومِ الآخرِ فَليحسِنْ إلَى جَارِهِ

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka berbuat baiklah kepada tetangganya.”[5]

Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad Hafidzahullah menerangkan dua pokok ini ketika mensyarah hadits kelima belas dari hadits Arbain Nawawi: Hak tetangga adalah hak-hak yang sangat ditekankan atas tetangganya. Hadits-hadits telah datang begitu banyaknya memberikan dorongan untuk memuliakan tetangga sekaligus memberi ancaman dari menyakiti tetangga atau menimpakan madharat kepadanya. Memuliakan tetangga akan terwujud dengan menyampaikan kebaikan kepada mereka dan selamatnya mereka dari kejelekannya. (diringkas dari risalahFathu Al-Qawiyil Matin Fi Syarhil Arba’in Wa Tatimmatil Khamsin. hal.62-63)

Meninggalkan Semua Bentuk Kedzaliman dan Perkara yang Memudharatkan Tetangga.

Pembaca, semoga Allah I merahmati Anda, jeleknya hubungan bertetangga sangat sering kita saksikan. Terlebih di akhir zaman di tengah-tengah rusaknya tatanan kehidupan. Bahkan Rasulullah r telah mengabarkan bahwa hal tersebut adalah satu dari tanda-tanda dekatnya hari kiamat. Beliau r bersabda:

لاَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ حَتَّى يَظْهَرَ الفُحْشُ وَ التَّفَاحُشُ وَ قَطِيْعَةُ الرَّحِمِ وَ سُوْءُ الْمُجَاوَرَةِ

“Tidak akan tegak hari kiamat hingga tampak perzinaan, perbuatan-perbuatan keji, pemutusan silaturrahmi, dan jeleknya hubungan bertetangga.” [6]

Apa yang Rasulullah r kabarkan benar-benar menjadi sebuah kenyataan. Perzinaan mewabah bahkan dilegalkan. Manusia berlomba saling menjatuhkan dan memutus tali kekerabatan. Demikian pula rusaknya hubungan bertetangga dan jeleknya muamalah di antara mereka menjadi pemandangan yang tidak asing bagi kita.

Seorang tidak lagi mengenal tetangga yang hanya berbatas tembok. Jangankan untuk memperhatikan kebutuhan dan keadaannya, bertegur sapapun adalah hal yang boleh dikatakan mustahil. Bukan hanya di perkotaan, bahkan di desa kecenderungan ini mulai merebak terlebih dengan adanya televisi dan media masa yang menyebarkan sekian banyak kerusakan dan penurunan moral.

Kedzaliman pada tetangga dengan berbagai ragamnya kerap kali kita dengar. Bahkan membunuh tetangga sudah menjadi hal biasa seperti apa yang sering kita dengar belakangan hari ini. Subhanallah ! benarlah sabda Rasulullah r empat belas abad silam :

لَا تَقُوْمُ السَّاعَةُ حَتَّى يَقْتُلَ الرَّجُلُ جَارَهُ وَأَخَاهُ وَأَبَاهُ  

“Hari kiamat tidak akan dibangkitkan hingga seorang membunuh tetangganya, saudaranya dan bapaknya.[7]

Dzalim Pada Tetangga Lebih Berat di Sisi Allah Ta’ala.

Pembaca rahimakumullah, sesungguhnya Allah I telah mengharamkan atas hamba-Nya semua bentuk kedzaliman. Tetapi kedzaliman pada tetangga jauh lebih berat di sisi Allah I daripada kedzaliman pada selain mereka. Miqdad bin Al-Aswad y  salah seorang sahabat Rasulullah r menuturkan:

سَأَلَ رَسُولُ اللهِ rأَصْحَابَهُ عَنِ الزِّنَى قَالُوا : حَرَامٌ حَرَّمَهُ اللهُ وَرَسُولُهُ فَقَالَ : (( لَأَنْ يَزْنِى الرَّجُلُ بِعَشر نسوة أيسر عليه من أن يزنى بامرأة جاره )) وسألهم عن السرقة قالوا : حرام حرمها الله عز وجل ورسوله فقال : (( لأن يسرق من عشرة أهل أبيات أيسر عليه من أن يسرق من بيت جاره ))

Rasulullah r bertanya kepada para shahabat tentang zina? Mereka mengatakan: zina itu haram, telah diharamkan Allah I dan Rasul-Nya r. Kemudian beliau bersabda: Sungguh seorang berzina dengan sepuluh wanita lebih ringan baginya daripada berzina dengan istri tetangganya. Kemudian Rasulullah r bertanya: Apa pendapat kalian tentang mencuri? Mereka menjawab: Allah dan Rasul-Nya telah mengharamkannya, mencuri adalah haram. Maka Rasulullah r bersabda: Sungguh seorang mencuri dari sepuluh rumah lebih ringan atasnya daripada mencuri dari rumah tetangganya.[8]

Di kesempatan lain Rasulullah r mengabarkan bahwa menyakiti tetangga adalah sebab seorang terjerumus dalam neraka meskipun dia adalah ahli ibadah. Abu Hurairah y berkata:

قيل للنبي rيا رسول الله إن فلانة تقوم الليل وتصوم النهار وتفعل وتصدق وتؤذي جيرانها بلسانها فقال رسول الله r: (( لا خير فيها هي من أهل النار ))

“Dikatakan kepada Nabi r : Wahai Rasulullah sesungguhnya fulanah senantiasa melakukan shalat malam, berpuasa di siang hari, banyak beribadah dan bersedekah, tetapi dia selalu menyakiti tetangganya dengan lisannya, maka Rasulullah r bersabda:Tidak ada kebaikan padanya, dia termasuk penghuni neraka” [9]

Bahkan dalam sabda yang lain Rasulullah r meniadakan keimanan dari orang yang berbuat dzalim kepada tetangganya. Abu Syuraih y meriwayatkan bahwa Rasulullah r bersabda:

والله لا يؤمن، والله لا يؤمن، والله لا يؤمن). قيل: ومن يا رسول الله؟ قال: (الذي لا يأمن جاره بوائقه

“Demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman !” Rasul ditanya siapa wahai Rasulullah? beliau bersabda: “Seorang yang tetangganya tidak merasa aman dari keburukannya.”[10]

Berkata Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah: “Dalam hadits ini terdapat dalil akan haramnya perbuatan dzalim kepada tetangga, baik dalam bentuk perkataan atau perbuatan.

Kedzaliman dalam bentuk perkataan misalnya tetangga mendengar suara yang mengganggu, di antaranya radio, televisi dan sejenisnya dari suara yang mengganggu. Sungguh hal ini tidak halal, meskipun yang diperdengarkan adalah bacaan Al-Quran, (selama itu) mengganggu tetangga berarti dia telah berbuat dzalim, maka tidak halal baginya untuk melakukannya.[11]

Adapun (kedzaliman dalam bentuk) perbuatan, seperti membuang sampah di sekitar pintu tetangga, mempersempit pintu masuknya, dan semisalnya dari perkara yang merugikan tetanga. Termasuk dalam hal ini adalah, jika seorang memiliki pohon kurma atau pohon lain di sekitar tembok tetangga, ketika dia menyirami (airnya berlebih hingga) melampaui tetangganya, sungguh ini pun termasuk kedzaliman, maka tidak halal baginya. (Syarah Riyadhus Shalihin (2/178))

Demikian pokok pertama dalam bermuamalah dengan tetangga, semoga Allah selamatkan kita dari segala bentuk kedzaliman yang pada hakekatnya adalah kegelapan di hari kiamat. Adapun pokok kedua yang ditunjukkan sabda-sabda Nabi r adalah:

Berbuat Baik Kepada Tetangga dan Menempuh Segala Sebab yang Mendatangkan Kebaikan Kepadanya.

Allah Ta’ala mencintai orang-orang yang berbuat baik dan memerintahkan kita berbuat baik. Allah I berfirman:

وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“Dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (Al-Baqarah :195)

Berbuat baik tidak terbatas pada manusia, bahkan kepada hewan pun syariat islam memerintahkannya, sebagaimana ditunjukkan dalam sabda Rasulullah r (yang artinya):“Sesungguhnya Allah mewajibkan untuk berlaku baik terhadap segala sesuatu. Maka apabila kalian membunuh berlaku baiklah dalam membunuh dan apabila kalian menyembelih berlaku baiklah dalam menyembelih. Dan hendaklah salah seorang di antara kalian menajamkan pisaunya dan membuat nyaman hewan sembelihannya.”[12]

Di samping perintah yang bersifat umum, secara khusus islam memerintahkan kita untuk berbuat baik kepada tetangga. Bahkan Rasulullah r menegaskan bahwa ihsan kepada mereka termasuk dari iman dan syarat kesempurnaan iman. Rasulullah r bersabda:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka muliakanlah tetangganya.”

Berkata Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah: Di antara faedah hadits ini menunjukkan wajibnya memuliakan tetangga, berdasar sabda Rasulullah r (yang artinya): “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka muliakanlah tetangganya.”

Memuliakan (tetangga) dalam hadits ini bersifat mutlak (mencangkup segala bentuk pemuliaan). Maka (perlu) dikembalikan kepada ‘urf (adat kebiasaan yang berlaku di masyarakat). Terkadang pemuliaan terwujud dengan cara mengunjungi tetangga, mengucapkan salam dan bertamu kepada mereka, bisa jadi dengan cara memberinya hadiah-hadiah. Perasalahan ini dikembalikan kepada ‘urf (Syarah Arbain An-Nawawiyah hal. 201-203)

Keterangan Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah di atas sangat berharga bagi kita dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat. Adat masyarakat yang baik dan tidak bertentangan dengan syariat seharusnya diperhatikandalam mewujudkan keharmonisan hidup bertetangga terlebih jika adat tersebut memberi nilai positif bagi dakwah tauhid.

Sebagai misal, dalam adat masyarakat jawa, dikenaladanyabahasa halus yang digunakan sebagai bentuk penghormatan yaitu “krama inggil”. Biasanya bahasa ini digunakan untuk mengajak bicara orang yang lebih tua atau dihormati. Maka termasuk ikram kepada tetangga adalah mengajak bicara mereka  dengan bahasa “krama”, sebagai bentuk penghormatan, apalagi tetangga yang sudah berumur.

Demikian pula adat-adat lain, selama adat tersebut tidak menyelisihi syareat dan termasuk perbuatan baik maka adat tersebut masuk dalam bentuk pemuliaan yang disebut secara mutlak dalam sabda Rasulullah r. Wallahu a’lam.

Pembaca rahimakumullah, di penghujung pembahasan pokok kedua ini, perlu kiranya kita menengok beberapa contoh perbuatan baik dan bentuk pemuliaan tetangga yang disabdakan Rasulullah r dalam hadits-haditsnya yang mulia. Di antara perbuatan tersebut adalah:

a. Membantu kebutuhan pokok tetangga yang membutuhkan jika dia memiliki kelebihan.

Membantu kebutuhan pokok tetangga seperti makan dan pakaian jika mereka kelaparan atau telanjang hukumnya wajib, apabila dia memiliki kelebihan, berdasar sabda Rasulullah r :

لَيْسَ الْمُؤْمِن الذِّيْ يَشْبَعُ وَجَارُهُ جَائِعٌ إِلَى جَنْبِهِ

“Tidaklah beriman seorang yang kenyang sementara tetangganya lapar di sisinya.”[13]

Asy-Syaikh Muhammad Nasiruddin Al-Albani rahimahullah berkata: Dalam hadits ini ada dalil yang jelas tentang haramnya seorang kaya membiarkan tetangga-tetangganya dalam keadaan lapar, oleh karena itu wajib atasnya menyuguhkan kepada mereka sesuatu yang bisa menghilangkan lapar, demikian pula memberi pakaian jika mereka telanjang dan yang semisalnya dari kebutuhan-kebutuhan yang “dharuri” (pokok).

Dalam hadits ini terdapat isyarat bahwasannya ada kewajiban lain pada harta selain zakat. Maka janganlah orang-orang kaya menyangka (bahwa dia) telah terbebas dari kewajiban hanya dengan mengeluarkan zakat setiap tahunnya. Bahkan ada kewajiban-kewajiban lain atas mereka dalam situasi dan kondisi tertentu yang wajib mereka tunaikan. Jika tidak, mereka akan masuk dalam ancaman Allah I:

وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ  *  يَوْمَ يُحْمَى عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ هَذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ فَذُوقُوا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُونَ

Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih. Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu”. (Q.S. At Taubah 34-35) (Silsilah Al-Ahadits Ash- Shahihah (1/280-281))

b. Mempersilahkan tetangga memasang kayu pada temboknya selama tidak merugikan.

Dalam sebuah hadits berkaitan dengan masalah ini Rasulullah r bersabda:

لَا يَمْنَعَنَّ أَحَدُكُمْ جَارَهُ أَنْ يَغْرِزَ خَشَبةً فِيْ جِدَارِهِ

“Jangan sekali-kali salah seorang diantara kalian menghalangi tetangganya untuk memasang kayu di temboknya.”[14]

Makna hadits ini sebagaimana diterangkan Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahulah: “Jika tetanggamu hendak mengatapi rumahnya dan (dia perlu) meletakkan kayu pada tembokmu, maka tidak boleh bagimu melarangnya, karena (keberadaan) kayu tersebut tidak membahayakan, bahkan akan memperkuat (tembok) dan mencegah aliran air dengannya.

Terlebih (konstruksi) bangunan tempo dulu dimana rumah-rumah dibangun dengan labin (tanah yang dipadatkan) maka keberadaan kayu justru akan mencegah mengalirnya air hujan pada tembok …..[15]

Hal ini serupa dengan keputusan Amirul Mukminin Umar bin Al-Khaththab y ketika terjadi sengketa antara Muhammad bin Maslamah y dan tetangganya.

Ketika itu (Muhammad bin Maslamah y) berkehendak mengalirkan air menuju kebunnya akan tetapi terhalangi kebun tetangganya (sehingga air tidak mungkin dialirkan kecuali harus melewati kebun tersebut). Tetangga Muhammad bin Maslamah y (bersikeras) menghalanginya untuk membuat aliran di atas tanah kebunnya, maka keduanya mengangkat permasalahan kepada Umar bin Al-Khaththab y. Umar berkata: “Demi Allah jika engkau menghalanginya aku akan mengalirkan air melalui perutmu, dan aku perintahkan dia untuk mengalirkan air.”

(Keputusan ini) karena mengalirkan air melalui tanah kebun tidaklah merugikan, bahkan kebun yang dilaluinya akan mendapat manfaat dengan aliran tadi. Terkecuali jika memang si pemilik kebun hendak membangun bangunan di atas tanahnya dan tidak memungkinkan untuk mengalirkan air di atasnya, maka tidak mengapa baginya untuk melarang. (Syarah Riyadhush-Shalihin (2/179-180).

c. Memberi hadiah kepada tetangga, seperti memperbanyak kuah ketika memasak.

Saling memberi hadiah adalah salah satu sebab di antara sebab-sebab terwujudnya cinta dan kasih sayang, termasuk dalam kehidupan bertetangga. Bahkan Rasulullah r sangat menekankan hal ini sampai-sampai beliau r berwasiat kepada Abu Dzar Al-Gifari t

يا أبا ذر إذا طبخت مرقة فأكثر ماء المرقة وتعاهد جيرانك أو اقسم في جيرانك

“Wahai Abu Dzar jika engkau memasak gulai, perbanyaklah kuahnya dan perhatikan tetanggamu dan bagilah untuk tetanggamu.[16]

Demikian Rasulullah r memberikan tauladan bagaimana berbuat baik kepada tetangga. Tiga contoh di atas bukanlah pembatasan, karena bentuk ihsan sangatlah banyak ibarat samudera yang tidak berpantai, maka hendaknya kita berusaha mewujudkan hal ini dengan berbagai bentuk kebaikan baik ucapan atau perbuatan, dengan memenuhi undangan, berdakwah, berziarah, menjenguk mereka dikala sakit atau menutup aib-aibnya, juga segala bentuk kebaikan menurut adat yang berlaku selama tidak bertentangan dengan syariat Allah I.

Pembaca rahimakumulah, ketahuilah bahwa berbuat baik kepada tetangga termasuk pokok ahlussunnah wal jamaah dan dakwah yang mereka serukan. Berkata Asy-Syaikh Abdurrahman Nashir As-Sa’di rahimahullah: “Dan diantara pokok-pokok ahlus sunnah wal jamaah adalah …. mereka merintahkan yang ma’ruf dan melarang kemungkaran sesuai apa yang dituntunkan syariat, mereka memerintahkan berbakti kepada orang tua, menyambung kekerabatan, dan berbuat baik kepada tetangga.. (Muqaddimah Al-Qoulus Sadid Syarh Kitabut Tauhid hal.35)

Begitu besar hak tetangga hingga Jibril alaihissalam senantiasa mewasiatkan kepada Rasulullah r tentang tetangga. Beliau bersabda:

مَا زَالَ جِبْرِيْلُ يُوْصِيْنِى بِالجَارِ حَتَّى ظَنَنْتُ أنه سيورثه  

“Senantiasa Jibril mewasiatiku dengan tetangga hingga aku menyangka bahwa tetangga akan mewarisi.”[17]

Akhlak Mulia Keharusan Dalam Dakwah

Akhlak mulia sangat dibutuhkan dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat, bahkan dia adalah keharusan dalam dakwah.

Dakwah Rasulullah Shallallohu’alaihi wasallam adalah dakwah yang dipenuhi kelembutan dan kasih sayang. Rasulullah Shallallohu’alaihi wasallam adalah sosok yang sangat lembut dan dekat dengan ummatnya. Bahkan rumah beliau r  selalu terbuka tanpa penjaga pintu, tidak sebagaimana adatnya raja-raja dunia. Allah memuji akhlak  Rasulullah Shallallohu’alaihi wasallam dalam firman-Nya:

وَإِنًّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيم

Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. (Q.S. Al-Qalam: 4)

Dakwah akan diberkahi dengan tauhid dan akhlakul karimah. Janganlah akhlak yang buruk justru menjadi sebab larinya manusia dari kebenaran. Sungguh menggembirakan ketika kita mendengar banyak ma’had-ma’had ilmiyah berdiri di negeri yang sedang dilanda berbagai badai fitnah, namun perlu diingat bahwa perkembangan tadi harus dihiasi dengan akhlak mulia. Jalinlah hubungan baik dengan masyarakat terutama tetangga, berziarahlah kepada mereka dengan adab-adab islam, jangan menjadikan awamul muslimin sebagai musuh, justru mereka adalah lahan dakwah yang membutuhkan tetesan kasih sayang.

Pembaca rahimakumullah, kita akhiri majelis ini dengan sebuah wasiat bagi seluruh muslimin untuk bertakwa kepada Allah I dan kembali menelaah dan mentauladani akhlak Rasulullah Shallallohu’alaihi wasallam. Inilah jalan kebahagiaan dan kejayaan, inilah jalan kemenangan dan manhaj kehidupan. Semoga Allah Ta’ala jadikan kita sosok muslim yang jujur dalam mentauladani akhlak Rasulullah Shallallohu’alaihi wasallam untuk menggapai cinta Allah Ta’ala dan ridha-Nya. Wallahu a’lam. Washallalahu ‘ala Muhammad wa alihi wa shahbihi, Walhamdulillahi rabbil ‘alamin. (Sumber: Majalah Islam Asy-Syariah Edisi: Islam itu indah. Lihat: Asysyariah.com)


[1]Beliau adalah Abdullah bin ‘Amr bin Al-Ash t bertemu nasabnya dengan Rasulullah r pada Ka’b bin Lu’ai, meninggal tahun 65 H lihat At-Taqrib karya Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani.

[2] Perkataan Al-Hakim: “Hadits ini shahih menurut syarat Asy-Syaikhain” adalah wahm (kerancuan) dari Al-Hakim, karena Syarahbil bin Muslim meskipun tsiqah, tetapi Muslim tidak mengeluarkan haditsnya dalam Ash-Shahih. Dalam sanad ini juga ada kesalahan lain, yaitu Al-Hakim mengganti Syarahbil bin Syarik dengan rawi lain yaitu Syarahbil bin Muslim. Demikian SyaikAl-Albani menyebutkan dalam As-Shahihah  (1/212)

[3] Imam Al-Bukhari misalnya, beliau mengumpulkan sabda-sabda Rasulullah r berkaitan dengan hak-hak tetangga dalam 28 bab khusus dalam kitab beliau Al-Adabul Mufrad diawali dengan kitab Al-Wushat bil Jar (Wasiat berbuat baik kepada tetangga) dan diakhiri dengan bab Jar Al-Yahudi (Tetangga yahudi) maka rujuklah pada kitab ini.

[4] Diriwayatkan Al-Bukhari dalam Ash-Shahih no.4787.

[5] Shahih, diriwayatkan Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad  no. 102

[6] Shahih, dikeluarkan oleh Imam Ahmad dalam Musnad-nya (10/26-31) dengan tahqiq Asy-Syaikh Ahmad Syakir rahimahullah. Beliau berkata: “Sanadnya shahih ” Dikeluarkan juga oleh Al-Hakim dalam Al-Mustadrak (1/75-76) dari hadits Abdullah bin Amr t

[7] Shahih, diriwayatkan Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad  Bab Al-Jar As-suu’ dari hadits Abu Musa Al-Asy’ari y

[8] Shahih, diriwayatkan Imam Ahmad dalam Al-Musnad (6/8), Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no.103 dan At-Thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir  (20/605)

[9] Shahih, diriwayatkan Ahmad dalam Al-Musnad (2/440) Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no.119

[10] H.R. Al-Bukhari dalam Ash-Shahih no. 6016 dan Imam Ahmad dalam Al-Musnad  (4/31) dan (6/385)

[11] Terlebih jika tetangga dalam keadaan sakit, suara-suara keras termasuk bacaan Al-Quran membuatnya tidak bisa beristirahat. Lalu bagaimana jika yang diperdengarkan adalah suara-suara yang Allah haramkan seperti musik dan sejenisnya? sungguh, dosa di atas dosa !

[12] H.R. Muslim dalam Ash-Shahih (13/1955) dengan syarah An-Nawawi dari hadits Syadad bin Aus y.

[13] Shahih, diriwayatkan Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no.112 dishahihkan Al-Albani dalam Ash-shahihah (1/278) hadits no.149.

[14] H.R. Al-Bukhari no. 3463 dan Muslim no. 1609 dalam Shahih keduanya.

[15] Berkata Ibnu Rajab Al-Hanbali rahimahullah: Madzhab Imam Ahmad bahwasannya seseorang harus baginya mempersilahkan tetangganya meletakkan kayu pada temboknya jika tetangga membutuhkan dan tidak membahayakan tembok, berdasar hadits yang shahih ini. (Jami’ Al-‘Ulum wal Hikam (1/352))

[16] Shahih, diriwayatkan Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no. 114

[17] HR.Al-Bukhari no.6014 Muslim no.2624 dalam Shahih keduanya dari Aisyah radhiyalahu’anha.

About salafartikel

bismillah

Posted on Juli 23, 2012, in Aqidah - Keindahan Islam, Syarah Hadits and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: