Mengirim Surat Al-Fatihah Untuk Si Sakit (Doa Mustajab Untuk Si Sakit)

Soal:

Bolehkah Kita meminta kepada jamaah untuk mendoakan orang yang sakit dengan cara kita meminta mereka membaca Al-Fatihah tiga kali ? (Warsito – Pringtali Banyumas)

Jawab:

Yang seharusnya kita lakukan untuk saudara kita saat mereka sakit adalah menjenguknya, sebagaimana Rasulullah saw bersabda bahwa salah satu hak seorang muslim atas muslim lainnya adalah menjenguknya saat ia sakit.

Diantara yang disyareatkan saat menjenguk adalah mendoakan saudara kita. Dalam Sunan Abu Dawud Rasulullah saw mengajarkan kita membaca: As`alullahal’adzim Rabbal ‘Arsyil ‘Adzim An Yasyfiyaka (Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Penguasa Arsy yang agung, semoga ia menyembuhkanmu)

Barang siapa membaca doa ini di sisi orang yang sakit tujuh kali maka Allah akan menyembuhkan penyakitnya, kecuali jika penyakitnya itu penyakit yang Allah takdirkan menjadi sebab kematiannya.

Adapun apa yang ditanyakan, seorang imam meminta makmum mengirim Al-Fatihah tiga kali untuk si sakit, yang seperti ini tidak disyareatkan Rasulullah saw.  Doakanlah si sakit di saat-saat yang mustajab ketika sijud, di sepertiga malam terakhir atau saat-saat lainnya. Allahua’lam.

About salafartikel

bismillah

Posted on September 9, 2013, in Fiqh - Tanya Jawab Fiqh. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: