KONTROVERSI BAYI TABUNG ; Bisnis Sperma Manusia – Jual Beli Sperma

Cukup marak di komunitas kafir apa yang diistilahkan Bank Sperma. Berbagai macam jenis sperma manusia disimpan bagi wanita yang menginginkan anak dengan sperma jenis unggul, apakah dengan membelinya atau mungkin diambil cuma-cuma.

Apa Hukum menjual sperma manusia?

Hukum menjual sperma manusia atau mendapatkannya secara cuma-cuma (selain sperma suami sang wanita) untuk dibayitabungkan adalah perbuatan yang haram.

Apa alasn pengharomannya ?

Sebagian mungkin ada yang mengatakan, itu adalah Zina.  Kita katakan ini bukan Zina yang merupakan dosa dengan Hadd hukuman cambuk bagi yang belum menikah atau rajam bagi yang telah menikah. Karena pengertian Zina yang ada Hadd atasnya adalah memasukkan dzakar kedalam Qubul atau dubur, inilah zina yang ditegakkan padanya Hadd.

Alasan pengharaman Jual beli sperma adalah akann bercampurnya dan tidak jelasnya nasab (ikhtilath Al-Ansab), dan ini salah satu alasan diharamkannya Zina. [1]

(Abu Ismail Muhammad Kebokura, Sumpiuh, Selasa 17 Dzulhijjah 1434 -21 Okt 2013)


[1] Bank sperma merupakan implikasi dari penemuan penting dalam dunia kedokteran tentang in vitro fertilization/IVF. Bahwa, kesulitan penetrasi sperma ke dalam sel telur secara in vivo dapat diatasi dengan teknik ini. Banyak pasangan yang kemudian memanfaatkan metode ini untuk memperoleh keturunan. Dengan adanya teknik ini, permintaan akan bayi tabung semakin meningkat, termasuk di Indonesia. Teknik fertilisasi di luar kandungan menggunakan sperma yang diambil dari pasangan sendiri atau donor dari bank sperma.

Indonesia sendiri belum memiliki bank sperma karena terganjal persoalan etika. Bahkan, aturan mengenai bayi tabung sudah ditegaskan dalam UU Kesehatan No.23/1992 dan Peraturan Menteri Kesehatan No.73 tahun 1992 . Bayi tabung hanya dibolehkan jika sel telur dan sperma berasal dari pasangan suami istri yang sah.

Di luar negeri, para pengguna bank sperma biasanya memilih-milih jenis sperma berdasarkan karakteristik pemiliknya. Jika pengguna menyukai anaknya kelak berambut merah maka mereka akan memilih sperma yang didonor oleh pria berambut merah. Semuanya tergantung selera. Sebuah bank sperma di Denmark Cryos, pada tahun 2011 lalu, bahkan membatasi donor sperma dari pria berambut merah. “Kami memiliki terlalu banyak, hampir sekitar 500 donor berambut merah, seleksi terbesar sedunia,” ujar pemilik dan Direktur Bank Sperma Cryos, Ole Schou. (Tempo, 11/09/2011). Menurut Ole, jika permintaan terhadap donor berambut merah lebih banyak dari stok, Bank Cryos akan membuka lagi pintu bagi pendonor sperma.

Berbeda dengan Cyros, sebuah lembaga yang akan diluncurkan Februari 2013 yang akan datang sudah memperkenalkan produk yang berbeda. Mereka menawarkan sperma yang didonor oleh orang-orang terkenal. “Mereka yang mendonor spermanya adalah orang-orang yang benar-benar ahli dibidangnya, bahkan telah mencapai puncak karier”. Kata Dan Richards, Chief Executive of Fame Daddy sebagaimana dilansir Telegraph.

Bank sperma yang baru ini seolah ingin mewujudkan mimpi sebagian wanita yang begitu terkagum-kagum dengan pria yang terkenal di bidangnya. Mulai dari pemain bola, pembalap mobil, aktor, aristokrat, enterpreuner, ilmuwan, dll. Sampel pendonor yang tertera pada website resmi Fame Daddy (www.famedaddy.com) cukup mencengangkan. Ada pemain bola yang berlaga di liga terkenal seperti Inggris yaitu Premiership, pembalap Fomula-1 atau atlit yang sudah meraih medali emas pada pesta olahraga Olimpiade. Ada juga aritokrat dari kelompok House of The Lord. Bahkan ada pula pendonor yang telah memenangkan Piala Oscar.

Harga yang ditetapkan untuk sperma orang-orang terkenal itu bahkan sangat fantastis. Sekitar 15.000 Poundsterling atau lebih dari 200 juta untuk setiap sampel sperma.

Sumber: http://kesehatan.kompasiana.com

About salafartikel

bismillah

Posted on Oktober 21, 2013, in Fiqh - Tanya Jawab Fiqh and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: