KALUNG KESEHATAN ; Batu giok, gelang magnetik, terapi segala penyakit?

 Tanya:

Apa hukum memakai kalung atau gelang batu yang dipakai sebagian manusia yang lebih terkenal dengan kalung atau gelang kesehatan. Dikatakan gelang atau kalung tersebut dapat meningkatkan kesehatan, imunitas, atau mengobati beberapa penyakit.

Jawab:

Memakai kalung atau gelang dengan alasan meningkatkan kesehatan, imunitas atau sebagai sebab kesembuhan beberapa penyakit sebagaimana disebutkan oleh penanya termasuk dari amalan syirik Ashghar (kecil).

Karena si pemakai meyakini gelang atau kalung tersebut adalah sebab kesembuhan, padahal Allah dan Rasul-Nya tidak menerangkan hal tersebut sebagai sebab, secara ilmiyah juga tidak terbukti adanya hubungan sebab akibat memakai gelang atau kalung dengan kesembuhan.

Dalam sebuah hadits dikisahkan, rasulullah shallallohu’alaihi wasallam pernah menjumpai seorang memakai gelang dari kuningan di tangannya. Rasul pun menegur: Apa ini? Dia menjawab: “Saya pakai karena tanganku sakit.” Rasul pun bersabda: “Buanglah gelangmu, ia tidak menambah kecuali kelemahan. Sungguh seandainya engkau mati masih dalam keadaan memakainya, engkau tidak akan beruntung selamanya.”

Dalam hadits lain rasulullah bersabda: “Barang siapa menggantungkan tamimah[1] sungguh dia telah melakukan kesyirikan.”

Ada jenis kalung kesehatan yang terkenal dengan kalung magnetic. Mereka yang memperdagangkannya menyebut sekian manfaat kalung atau gelang maghnetik dengan argumentasi-argumentasi yang ingin menetapkan adanya hubungan sebab akibat yang jelas antara pemakaian gelang atau kalung dengan kesehatan.

Kita katakan, argument tersebut belum jelas, masih sangat samar. Taruhlah seandainya memang ada sisi kebenaran, namun dalam kaedah syareat kita wajib untuk menutup segala pintu yang bisa mengantar kepada kesyirikan, maka tetap hukum memakainya tidak diperbolehkan (haram).

Telah disebutkan bahwa memakai kalung atau gelang dengan keyakinan sebagai sebab kesembuhan termasuk syirik kecil, (maksudnya kecil: tidak mengeluarkan dari islam). Namun demikian Syirik kecil lebih besar di sisi Allah dosanya dari membunuh, berzina, minum Arak, judi dan dosa besar lainnya.

Kemudian perlu diketahui bahwasannya setiap syirik kecil bisa berpindah menjadi syirik besar dan mengeluarkan seseorang dari islam, jika ketawakalan benar-benar tertuju kepada kalung, gelang batu giok dan meyakini bahwa benda-benda itulah yang menyelamatkan dan mendatangkan kesembuhan. Karena pada hakekatnya dia telah menetapkan adanya pengatur alam selain Allah subhanahu wata’ala.

. Wallâhu A’lam.


[1] Tamimah adalah sesuatu yang dikalungkan atau digantungkan dengan keyakinan bahwa sesuatu itu memberikan manfaat menolak penyakit ‘Ain atau lainnya.

About salafartikel

bismillah

Posted on Maret 18, 2014, in Aqidah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.