DANAU THOBARIYAH

Danau Thabariyah

TheSea of Galilee, alsoKinneret,Lake of Gennesaret, or Lake Tiberias, is the largest freshwater lake in Israel, and it is approximately 53km (33mi) in circumference, about 21km (13mi) long, and 13km (8.1mi) wide. The lake has a total area of 166km2(64sqmi), and a maximum depth of approximately 43 m (141feet). Artinya: Laut Galilea, jugaKinneret,DanauGenesaret,atau DanauTiberias ,adalah danauair tawar terbesar diIsrael, dan ia adalah sekitar 53 km (33mil)lingkar,sekitar 21km(13mil) panjang,dan 13km(8,1mil) lebar.Danauini memilikiluas wilayah166km2(64sq mi), dan kedalaman maksimumsekitar 43m(141kaki).

Danau inilah yang pernah disebut-sebut Dajjal dalam hadits Muslim tentang kisah Tamim Ad-Dari. Danau ini akan kering airnya, demikian dibenarkan Rasulullah shallallohu’alaihi wasallam. Sebagai seorang muslim berita ini akan ia benarkan, danau itu benar-benar akan kering.

Dalam hadits panjang itu terjadi dialog antara Dajjal dan sejumlah pelaut arab diantaranya Tamim Ad-Dari. Dalam dialog itu Dajjal berkata: “Kabarkan pula kepadaku tentang danau Thobariyah ?” tanya orang ini.
Kami menjawab: “Tentang apa engkau meminta beritanya?”
“Apakah masih ada airnya, jawabnya.
Mereka menjawab: Danau itu banyak airnya
Dia mengatakan: Sesungguhnya hampir-hampir air akan hilang.

Air dari Danau Tiberias merupakan sumber utama air bersih bagi bangsa Yahudi dan pemerintah Zionis Israel. Dewasa ini pemerintah Israel sangat khawatir karena keberadaan air Danau Tiberias sudah kian menepis. Jika kita click http://www.savethekinneret.com/ kita akan temukan peringatan dari pemerintah Israel kepada segenap warganya sebagai berikut:

The Kinneret, Israel’s major reservoir of fresh water, is drying up! Many years of below-average rainfall have led the water level to dip to the “black line,” beyond which water cannot be pumped without causing severe damage to the entire water supply. Though there are plans in place to build more desalination plants, they will not be operation for several years, so it is incumbent upon us all to conserve water! Artinya: Danau Kinneret, waduk utama air bersih Israel kian mengering! Bertahun-tahun curah hujan di bawah rata-rata telah menyebabkan level air berada di “garis hitam,” dimana air tidak bakal dapat dipompa lagi tanpa menyebabkan kerusakan parah pada pasokan air secara keseluruhan. Meskipun adarencana untuk membangun pabrik desalinasi, iatidak akan beroperasi selama beberapa tahun, sehingga menjadi tugaskita bersama untuk menghemat air!