GUNUNG & BUKIT

Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah, ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu. Ath-Thalaq:12
Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis, kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itu pun dalam keadaan payah.Al-Mulk: 3-4

Gunung Slamet (Mount Slamet)

Gunung Slamet (3.432 meter) adalah gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa. Terdapat empat kawah di puncaknya yang semuanya aktif.

Mount Slamet or Gunung Slamet is an active stratovolcano in the  Purbalingga Regency of Central Java, Indonesia. It has a cluster of around three dozens of cinder cones on the lower southeast-northeast flanks and a single cinder cone on the western flank. The volcano is composed by two overlapping edifices. Four craters are found at the summit. Historical eruptions have been recorded since the eighteenth century.

Gunung Sindoro-Sumbing (Sindoro-Sumbing Mount)

Sindoro dan Sumbing merupakan dua Gunung yang letaknya berdekatan, serta memiliki bentuk dan tinggi yang hampir sama. Tinggi Gunung Sumbing sekitar 3.340 m dari permukaan laut (dpl), sedikit lebih tinggi daripada Sindoro (3.155 m dpl).
Jika dipetakan, Sumbing berada disebelah barat daya kota Temanggung dan sebelah Timur kota Wonosobo. Sedangkan Sindoro disebelah barat laut Temanggung danTimur laut Wonosobo. Masyarakat dikedua daerah itu menyebut Sindoro-Sumbing sebagai Gunung kembar. Keduanya menyimpan potensi wisata yang sangat besar, meskipun belum semuanya bisa dikelola secara maksimal.
Selain panorama alam nan indah, dengan udara sejuk dan segar, daerah-daerah dilereng Sumbing-Sindoro potensial dikembangkan sebagai kawasan agro wisata, terutama perkebunan kelengkeng, vanila, dan kopi. Kondisi alamnya hampir sama dengan kawasan Gunung Mas, puncak, Bogor.

It’s a beautiful mountain. When you see below from its slope or its summit you’ll find an amazing scenery, farming lands, villages and towns (temanggung, parakan, and a little part of wonosobo).
Mount Sindara, Mount Sindoro or Mount Sundoro is an active stratovolcano in Central Java, Indonesia. Parasitic craters and cones are found in the northwest-southern flanks, the largest is called Kembang. A small lava dome occupies the volcano’s summit. Historical eruptions mostly mild-to-moderate phreatic eruptions had occurred.

Mount Sumbing or Gunung Sumbing is an active stratovolcano in Central Java, Indonesia, symmetrical with Sundoro. The only report of historical eruptions is from 1730. It has created a small phreatic crater at the summit.