Apa Makna Istighotsah ? Istighotsah Kepada Kuburan Mbah Kiyai Agar Lulus Ujian

Soal: Kita sering mendengar kalimat istighotsah, apa sih makna istighitsah ? Benarkah istighotsah lepada kuburan seorang kiyai bisa melancarkan usaha atau memudahkan anak-anak kita lulus ujian?

Jawab:

Istighotsah hakekatnya adalah doa. adapun maknanya, istighotsah adalah doa kepada Allah memohon pertolongan di kala sempit, meminta jalan keluar di kala genting.

Contoh istighotsah,  Rasulullah shallallohu’alaihi wasallam beristighotsah kepada Allah ketika menghadapi kafir Quraisy dalam perang Badar. Ketika beliau berhadapan dengan kekuatan besar musyrikin dengan segala perlengkapannya sementara pasukan muslimin sangat sedikit dengan persenjataan yang seadanya, beliau beristighotsah kepada Allah dan Allah pun mengabulkan doa beliau. Allah berfirman dalam surat Al-Anfal:

إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ أَنِّي مُمِدُّكُمْ بِأَلْفٍ مِنَ الْمَلائِكَةِ مُرْدِفِينَ

(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut”. QS. Al-Anfal

Jika kita telah mengetahui bahwa istighotsah hakekatnya adalah doa maka apa yang ditanyakan beristighotsah kepada mayit termasuk perbuatan syirik besar. Allahu a’lam.

About salafartikel

bismillah

Posted on April 9, 2013, in Aqidah and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.