NASEHAT BAGI PENUNTUT ILMU ; jangan engkau santai musuh-musuh islam bekerja siang malam.

Soal:

Apa nasehat bagi tullabul ilmi terkait dengan kewajiban dakwah yang ada pada pundak-pundak mereka?

Jawab:

Banyaklah memohon pertolongan dan berdoa kepada Allah dalam berdakwah, agar Allah memberikan kemudahan dan istiqamah dalam dakwah.

Bukalah selalu lembaran dakwah Rasulullah shallallohu’alaihi wasallam dalam siroh (perjalanan) beliau, niscaya engkau akan melihat sebaik-baik tauladan bagi seorang da’i dalam ia berdakwah. Dalam siroh Rasul dia akan dapatkan kesabaran dalam dakwah, hikmah dalam dakwah, ketekunan dan istiqamah beliau, metode dalam dakwah dan juga berbagai macam jenis orang yang Rasulullah dakwahi, dari anak kecil hingga orang tua renta, dari budak hingga seorang raja. Semua ini, insyaallah sangat bermanfaat dalam jalanmu berdakwah.

Janganlah engkau berhenti menuntut ilmu, harus ada waktu yang engkau khususkan untuk menghafalkan atau murajaah hafalan Al-Quran, harus ada waktu untuk engkau belajar tafsir Al-Quran, hadits dan ilmu-ilmu hadits, demikian pula engkau pelajari dan mengenal penyakit-penyakit yang ada pada masyarakat yang hendak engkau dakwahi untuk engkau siapkan obatnya.

Sungguh, dakwah bukan perkara main-main. Musuh-musuh dakwah sangat banyak dari kalangan kuffar, munafiqin dan orang-orang jahil, yang terus berfikir siang malam untuk memadamkan cahaya agama Allah. Maka tidak sepantasnya seorang muslim terlebih seorang da’I tidak serius dalam mempelajari islam.

Banyaklah beribadah, karena fitnah demikian banyak, sebagaimana dibimbingkan Rasulullah shallallohu’alaihi wasallam. Allahul musta’an.

About salafartikel

bismillah

Posted on November 15, 2013, in Ushul Dakwah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar