Keutamaan Membaca Basmalah (Diantara Keajaiban Basmalah)

Tanya: Mengapa saat kita melakukan suatu hal dianjurkan membaca basmalah?

Jawab:

Membaca basmalah dalam mengawali sebuah aktivitas Allah syareatkan diantara hikmahnya Pertama: Dalam basmalah terkandung ‘permohonan kepada Allah pertolongan-Nya’, Kedua: Mengandung harapan barakah Allah dengan menyebut nama-Nya.

Rasulullah saw dalam surat-surat dakwah yang beliau layangkan kepada raja-raja romawi, Persia, habasyah dan sekitarnya beliau awali dengan: Bismillahirrahmanirrahim. Dalam perjanjian Hudaibiyyah Rasul juga memerintahkan Ali Radhiyallahu’anhu untuk menulis  Bismillahirrahmanirrahim.

Dalam nas-nas yang shahih banyak disebutkan bimbingan Rasulullah shallalahu’alaihi wasallam untuk umatnya agar mengawali amalan atau aktifitasnya dengan basmallah. Beliau juga menyebutkan keutamaan-keutamaannya yang merupakan sebagian dari barakah Allah. Diantaranya:

  1. Rasulullah saw mengajarkan kita mengucapkan “Bismillah.” Ketika memasuki WC. Dengan itu Allah menjadikan penghalang antara pandangan jin dan aurat bani Adam. Sebagaimana disebutkan dalam hadits Ali Ra dengan sanad Hasan.
  2. Ketika seorang suami menggauli istrinya disyareatkan membaca: Bismillah, Allahumma Jannibnasy Syaiton wa Janibisy Syaithon maa rozaqtana. Rasulullah bersabda yang maknanya seandainya Allah kehendaki anak dari jimak itu Allah akan melindungi dari bisikan/gangguan iblis.
  3. Ketika seorang menyembelih disyareatkan membaca “Bismillah.” dengan itu sembelihan menjadi halal dan Allah berkahi.
  4. 4.      Disyareatkan pula keluar rumah membaca : “Bismillahi Tawakkaltu ‘alallohi Wa Laa Haula Walaa Quwwata illa billah.” Barangsiapa membaca doa ini akan dikatakan kepadanya: Engkau telah mendapatkan Hidayah, Engkau mendapatkan kecukupan, Engkau mendapatkan perlindungan, dan Syaiton akan menyingkir darinya.

About salafartikel

bismillah

Posted on Agustus 31, 2013, in Fiqh - Tanya Jawab Fiqh. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar