Apa Sih Istihadhah

Apa Itu Istihadhoh

Istihadhoh adalah darah yang keluar tidak seperti kebiasaan haidh. Darah istihadhoh bukan darah normal, namun termasuk penyakiit. Darah istihadhoh keluar melebihi kebiasaan haidh yang normal, darah yang keluar menguasai sebagian besar waktu, bisa lebih dari setengah bulan atau bahkan berbulan-bulan.

Bagi seorang muslimah keadaan ini tentu membingungkan dirinya. Bagaimana tidak bingung, misalnya 25 hari darah terus keluar tanpa henti. Apakah selama itu pula ia harus tinggalkan shalat dan puasa? Dan dia hanya shalat selama 4 atau 5 hari?

Orang yang normal haidhnya tidak ada bimbang dan ragu, karena ia punya kejelasan dalam haidh.

Wanita-wanita Yang Terkena Istihadhoh di Zaman Rasulullah Shallallohu’alaihi wasallam

Dalam riwayat hadits, ada beberapa shahabiyah yang terkena istihadhoh dengan berbagai keadaan. Diantara mereka yang tersebut dalam hadits adalah: Fathimah bintu Abi Hubaisy, Hamnah bintu Jahsy,  Asma’ bintu ‘Umais dan Ummu Habibah bintu Jahsy.

Sebagaimana keadaan sleuruh para shahabat, mereka adalah orang-orang yang sangat bersemangat menuntut ilmu syareat. Terkebih terkait dengan ibadah yag wajib yaitu shalat. Mereka selalu bertanya kepada Rasulullah shallallohu’alaihi wasallam, termasuh shahabiyah yang terkena istihadhoh, mereka meminta fatwa-fatwa kepada Rasulullah shallallohu’alaihi wasallam. Dari situlah kemudian datang Syareat. Walhamdulillah.

Sumber: Rumahharmonis.wordpress.com

Posted on Desember 23, 2012, in Fiqh - Artikel. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.