Sejenak Bersama Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad (Biografi Syaikh)

Nama dan Nasab Syaikh

Beliau adalah Al-Allamah al-Muhaddits al-Faqih az-Zahid al-Wara’ asy-Syaikh ‘Abdul Muhsin bin Hamad bin ‘Utsman al-‘Abbad Alu Badr –semoga Allah memelihara beliau dan memperpanjang usia beliau dalam ketaatan kepada-Nya dan memberkahi amal dan lisan beliau-, dan kami tidak mensucikan seorangpun di hadapan Allah Azza wa Jalla. Alu Badr merupakan keturunan Alu Jalas dari Kabilah ‘Utrah salah satu kabilah al-‘Adnaniyah. Kakek kedua beliau adalah ‘Abdullah yang memiliki laqob (gelar) ‘Abbad, yang kemudian akhirnya keturunan beliau dikenal dengan intisab kepada laqob ini, diantaranya adalah Syaikh ‘Abdul Muhsin sendiri.

Kelahiran Beliau

Lahir setelah sholat Isya’ pada malam Selasa tanggal 3 Ramadhan tahun 1353H di ‘Zulfa’ (desa berjarak 300 km dari utara Riyadh). Beliau tumbuh dan dewasa di desa ini dan belajar baca tulis di sekolah yang diasuh oleh masyaikh Zulfa.

Perjalanan Menuntut Ilmu

Ketika dibangun Madrasah Ibtida’iyah pertama kali di Zulfa pada tahun 1368 H, Syaikh masuk ke madrasah ini pada tahun ketiga dan memperoleh ijazah Ibtida’iyah pada tahun 1371 H. Kemudian Syaikh berpindah ke Riyadh dan masuk ke Ma’had al-‘Ilmi Riyadh, salah satu tempat belajar Imam Ibnu Bazz rahimahullahu sebelumnya. Setelah lulus, syaikh melanjutkan studinya di Kuliah Syari’ah di Riyadh. Menjelang tahun akhir studi beliau di Kuliah, beliau mengajar di Ma’had Buraidah al-‘Ilmi, ketika akan ujian akhir kuliah, beliau kembali ke Riyadh dan menyelesaikan ujian beliau.

Walaupun beliau sibuk mengajar namun dengan taufiq Allah kemudian semangat beliau terhadap ilmu beliau tetap  mendapatkan peringkat satu di antara rekan-rekan beliau yang bejumlah hampir 60 lulusan. Beliau senantiasa dalam peringkat satu mulai dari awal belajar beliau hingga beliau lulus dan mendapatkan ijazah dari Ma’had ‘Ilmi dan Kuliah Syari’ah di Riyadh.

Syaikh sangat antusias di dalam menimba ilmu baik di Universitas maupun di masjid-masjid, beliau banyak belajar dari para ulama besar, diantara  mereka: Imam Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh, Imam ‘Abdul Aziz bin Baz, al-‘Allamah Muhammad al-Amin asy-Syinqithi, al-‘Allamah ‘Abdurrahman al-‘Afriqi, al-‘Allamah ‘Abdurrazaq ‘Afifi, al-‘Allamah Hammad al-Anshari dan lainnya rahimahumullahu ajma’in.

Syaikh menceritakan bahwa beliau pernah belajar kepada Syaikh ‘Abdurrahman al-‘Afriqi di Riyadh pada tahun 1372 H tentang ilmu hadits dan mushtholah-nya. Beliau hafizhahullahu berkata tentang Syaikh al-‘Afriqi :

كان مدرساً ناصحاً وعالماً كبيراً ، وموجّهاً ومرشداً وقدوة في الخـير رحمه الله تعالى

Beliau adalah seorang pengajar, penasehat dan ‘alim besar. Beliau adalah seorang pengarah, pembina dan tuntunan di dalam kebaikan. Semoga Alloh Ta’ala merahmati beliau.”

Syaikh dan Universitas Islam Madinah

Ketika pertama kali didirikan Universitas Islam Madinah, dan jurusan yang pertama kali dibuka ketika itu adalah kuliah Syari’ah, Samahatus Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Asy-Syaikh memilih beliau untuk menjadi dosen dan mengajar di sana.

Syaikh mulai mengajar pertama kali pada hari Ahad tanggal 3/6/1381 H, dan beliau adalah orang pertama kali yang memberikan pelajaran pada hari itu. Semenjak tanggal itu, syaikh senantiasa mengajar di Universitas Islam Madinah, bahkan hingga saat ini beliau tetap masih mengajar padahal beliau telah pensiun, dengan izin khusus kerajaan.

Pada tahun 1393 H., Syaikh diangkat sebagai wakil rektor Universitas Islam Madinah dan rektor Universitas Islam pada saat itu adalah Samahatus Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullahu. Syaikh senantiasa menggantikan Imam Ibnu Baz apabila beliau berhalangan, sehingga seringkali Universitas Islam Madinah saat itu disebut orang-orang sebagai Universitas Bin Baz dan ‘Abdul Muhsin.

Setelah Imam Ibnu Baz menjadi kepala Lembaga Buhutsul ‘Ilmiyyah wal Ifta’ (Pembahasan Ilmiah dan Fatwa), maka Syaikh ‘Abdul Muhsin yang menggantikan kedudukan beliau di Universitas Madinah sebagai rektor. Walaupun telah menjadi rektor dengan segala kesibukannya, Syaikh tidak pernah absen mengajar dua kali seminggu di Fakultas Syari’ah.

Diantara sumbang sih dan jasa besar Syaikh ketika menjabat  rektor di Universitas Islam Madinah, perpustakaan Universitas benar-benar kaya dengan warisan salaf  (ulama terdahulu) berupa makhthuthat (manuskrip-manuskrip) yang mencapai 5.000 manuskrip. Al-‘Allamah Hammad al-Anshori rahimahullah sampai-sampai berkata :

 “Warisan salaf yang dikopi untuk Universitas Islam sangat banyak dilakukan pada zaman Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad ketika beliau menjadi rektor Universitas Islam.” Dan mayoritas manuskrip tersebut adalah dalam bidang ilmu hadits dan aqidah salafiyah.

Dan yang lebih mengagumkan lagi, Syaikh walaupun menjadi seorang rektor Universitas, beliau lebih sering melakukan tugasnya sendiri dan lebih sering menghabiskan waktunya di Universitas, mulai pagi hingga sore. Sampai-sampai Al-‘Allamah Hammad al-Anshori mengatakan, bahwa seharusnya ditulis sejarah khusus tentang perikehidupan al-‘Allamah ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad. Di tengah-tengah kekagumannya, al-‘Allamah al-Anshori menuturkan :

 “Suatu ketika aku tiba di kantor beliau, dan beliau ketika itu adalah rektor Universitas. Kemudian aku duduk bersama beliau dan aku berkata kepada beliau, ‘ya syaikh, mana kopinya?’, lantas beliau menjawab : ‘sekarang ini waktu ashar (sore), tidak ada orang yang kerja untuk membuat kopi sekarang ini.’ Suatu hari pula, aku bertekad untuk mendahului kehadiran beliau di Universitas, lantas aku naik mobil dan bergegas berangkat –pagi-pagi-. Ketika aku sampai di Universitas, ternyata Syaikh ‘Abdul Muhsin sedang membuka pintu gerbang Universitas sebelum semua orang datang.”

Saya berkata, Subhanallohu, sungguh sangat langka orang seperti beliau ini, walaupun beliau memiliki kedudukan dan gelar yang tinggi, namun beliau tidak silau sama sekali dengan kedudukannya. Beliau menganggap diri beliau sama seperti lainnya, bahkan beliau menganggap kedudukan beliau tersebut adalah amanah. Semoga Alloh menganugerahi llmu dan kebaikan bagi syaikh kami, al-‘Allamah ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad al-Badr.

Diantara Guru beliau :

Asy-Syaikh ‘Abdullah bin Ahmad al-Mani’ rahimahullahu, Asy-Syaikh Zaid bin Muhammad al-Munifi rahimahullahu, Asy-Syaikh Falih bin Muhammad ar-Rumi rahimahullahu, Al-Allamah asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim rahimahullahu, Al-Allamah Abdullah bin Abdurrahman al-Ghaits rahimahullahu, Al-Allamah asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Bazz rahimahullahu, Al-Allamah asy-Syaikh Muhammad Amin asy-Syinqithy rahimahullahu, Al-Allamah asy-Syaikh Abdurrahman al-Afriqy rahimahullahu, Al-Allamah asy-Syaikh Abdur Razaq Afifi rahimahullahu, Al-Allamah asy-Syaikh Umar Falatah rahimahullah.

Diantara Murid beliau :

Beliau memiliki banyak sekali murid yang menimba ilmu darinya, beristifadah (memetik faidah) dan meminum air telaga ilmu yang segar lagi murni. Berikut ini adalah diantara murid-murid beliau yang terkenal : Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullahu, Asy-Syaikh ‘Ubaid bin ‘Abdillah al-Jabiri hafizhahullahu, Asy-Syaikh Ali bin Nashir Al-Faqihy, Asy-Syaikh ‘Ashim bin ‘Abdillah Alu Ma’mar al-Qoryuthi hafizhahullahu, Asy-Syaikh Sulaiman bin Salimullah ar-Ruhaili hafizhahullahu, Asy-Syaikh ‘Abdurrozaq bin ‘Abdul Muhsin al-‘Badr hafizhahullahu, Asy-Syaikh ‘Abdul Malik Ramadhani al-Jaza`iri hafizhahullahu, Asy-Syaikh Tarhib ad-Dausari hafizhahullahu.

Posted on Juli 6, 2012, in Kisah dan Ibroh and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.