TA’BIR MIMPI ; Anda Mencari Tafsir Mimpi Terhebat, Terlengkap ? Baca Dulu Artikel Ini !!

Pada beberapa majelis bersama guru kami Asy-Syaikh Al-Muhaddits Abdul Muhsin Al Abbad Hafidzahullah di Masjid Nabawi, beliau ditanya tentang beberapa mimpi, beliau juga diminta untuk menafsirkannya, Syeikh hanya menjawab -kurang lebihnya- : Sibukkan engkau dengan perkara yang penting  dan bermanfaat !!

Jawaban beliau sangat tepat kita sampaikan kepada khalayak umum,  karena saat ini banyak diantara manusia dihantui dengan mimpi-mimpinya.

Jika seorang bermimpi buruk, Mimpi buruk itu selalu menghantui benaknya, seakan-akan kehidupannya akan binasa dengan melihat mimpi itu. Sebaliknya, jika seorang bermimpi baik, seakan mimpi baik itu wahyu yang dia terus yakini dan berpegang dengannya. Kondisi ini kemudian diiringi dengan kesibukan untuk mencari buku-buku tafsir mimpi atau primbon-primbon. Terjatuhlah mereka dalam perkara yang diharamkan.

Hakekat Mimpi Buruk.

Ketahuilah bahwa mimpi yang buruk berasal dari setan .Jangan biarkan benakmu dihantui mimpi-mimpi buruk, melemahkan akal dan semangatmu, jangan mau engkau dipermainkan setan.

Suatu saat seorang badui datang kepada Rasulullah shallallohu’alaihi wa sallam; ia bertanga: Wahai Rasulullah aku bermimpi melihat kepalaku putus, tergelinding di bumi dan aku mengejarnya. Maka Rasulullah menasehatinya agar tidak mempedulikan mimpiny dan jangan dipermainkan setan. (Lihat Sunan At-Tirmidzi)

Terkait dengan mimpi kita kembali kepada jawaban Syeikh: Sibukkan dengan yang bermanfaat !

Diantara perkara yang bermanfaat: menunaikan adab yang diajarkan Rasulullah shallalohu’alaihi wasallam ketika anda mimpi buruk.  :

(1) Tidak menceritakan mimpi buruk kepada siapapun,sampai pun istri sebagai orang terdekat

(2) berlindunglah kepada Allah dari setan dan kejelekan mimpi tersebut,

(3) meniup/meludah tiga kali ke arah kiri,

(4) merubah posisi tidur dan

(5) akan lebih sempurna jika ia segera bangun mengambil air wudhu dan menunaikan shalat.

Sebagian orang yang mimpi buruk, melupakan adab-adab ini atau memang jahil terhadap adab-adab di atas, justru mimpi itu selalu dipikirkan, diceritakan ke sana kemari, mencari ta’bir dan artinya, hati gundah gulana, pikiran menjadi kacau dan tidak karuan, diapun pontang-panting kesana kemari. Dia benar-benar dipermainkan setan.

KIta ingat kembali hadits di atas, bagaimana seorang badui mendatangi Rasulullah shallalohu’alaihi wasallam bercerita bahwa dirinya bermimpi melihat kepalanya putus tergelinding dan ia pun berlari mengejar kepalanya.

Apakah Rasulullah membiarkannya gundah gulana bersama mimpi buruknya? Tidak ! Begitu mendengar cerita badui Rasulullah memperingatkannya bahwa itu semua adalah setan yang berkeinginan mempermainkan bani adam.

Mimpi Baik

Adapun mimpi baik, maka itu dari Allah. Ada adab-adab yang diajarkan Rasulullah shallallohu ‘alaihi wasallam:

(1) JIka anda ingin ceritakan, ceritakanlah kepada orang yang dicintai jangan ceritakan kepada orang yang pendengki, pendendam atau musuh anda.

(2) Harapkan kebaikan kepada Allah.

(3) Kemudian Ingat !! bahwasannya mimpi kita tidak mungkin menyingkap tabir ghaib, yang ada hanyalah harapan. Sebagai contoh anda bermimpi masuk sorga, tentu yang ada adalah harapan dan doa agar Allah memasukkan kita ke dalam Jannah… namun tidak ada seorangpun yang mampu menjamin jannah atas dirinya dengan mimpi yang dia lihat. Allahul musta;an.

Kembali kepada jawaban guru kami, bagi anda yang sedang mencari tafsir mimpi sibukkan dengan perkara yang bermanfaat, tunaikanlah adab-adab mimpi sebagaimana Rasulullah shallallohu’alaihi wasallam ajarkan.

[Banyumas, 11 Dzulhijjah 1434 H/16 Oktober 2013 M, Abu Ismail]

Baca Artikel Terkait:

  1. Hakekat Mimpi, Misteri Mimpi, (Benarkah Mimpi Hanya Bunga Tidur)
  2. Mimpi Khalifah Utsman bin Affan berbuka bersama Nabi Shallallohu’alaihi wasallam

About salafartikel

bismillah

Posted on Oktober 15, 2013, in Aqidah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: