Cairan Keruh dan kuning Pada Wanita Yang Haidhnya berpindah-pindah.

السؤال: امرأة حيضتها مضطربة غير منتظمة، فهي تأتيها مرة في أول الشهر ومرة في وسطه ومرة في آخره، ولا تميز الحيض، وفي شهر من الشهور جاءتها الصفرة والكدرة ولم تعلم هل كان ذلك في مدة الحيض أو قبله، فهل تمتنع عن الصلاة وتترك بعض الأفعال التعبدية من قراءة القرآن وغيره؟ ولو أنها أتتها في أول رمضان فماذا تصنع؟

Soal: Seorang wanita tidak tentu dalam haidh, terkadang haidh datang di awal bulan, kadang di tengah atau diakhirnya. Dia juga tidak bisa membedakan (mengenali) haidh.

Suatu bulan keluar cairan kuning dan keruh, dia tidak tau apakah saat cairan keruh itu keluar, bertepatan dengan masa haidh atau sebelumnya (yakni masa suci).

Apakah cairan keruh tersebut menghalanginya dari shalat dan meninggalkan beberapa amalan ibadah seperti membaca Al-Quran atau lainnya?

Seandainya cairan keruh (pada wanita tersebut) keluar di awal Ramadhon apa yang dia lakukan?

الجواب: إذا كانت تعرف العادة بلونها ورائحتها فهذا هو الحيض،

وكذلك إذا كانت عادتها مضطربة تتقدم أو تتأخر ولكنه معروف عندها رائحته ولونه، فذلك حيض،

أما إذا كان هناك صفرة أو كدرة ولكن ليس فيها رائحة الحيض التي تعرفها النساء ولا لون الحيض الذي تعرفه النساء فهذا لا يمنعها من الصلاة؛ لأنها ما عندها عادة مستقرة بحيث يقال: جاءت الصفرة أو الكدرة في عادتها؛ لأن الصفرة والكدرة في زمن العادة حيض وفي زمن الطهر طهر، مثل ما قالت أم عطية في الحديث الذي سبق أن مر بنا: (كنا لا نعد الكدرة والصفرة بعد الطهر شيئاً).

Jawab:

Jika dia mengetahui adat haidhnya dengan (mengenal) warna darah atau baunya, maka dengan warna dan bau diketahui haidh.

Demikian pula jika adatnya tidak menentu kadang maju kadang mundur, akan tetapi dia mengenal bau dan warnanya, dengan itu dia mengetahui haidhnya. [1]

Akan tetapi Jika yang keluar adalah cairan kekuningan atau keruh namun tidak ada padanya bau atau warna haidh yang dikenal kaum wanita sebagai haidh, maka keadaan tersebut tidak menghalanginya dari shalat, karena dia tidak memiliki adat yang tetap sehingga mungkin untuk dikatakan: cairan keruh telah keluar pada masa haidh (adatnya).

Cairan kuning dan keruh jika keluar di zaman adat dianggap haidh, apabila keluar di zaman suci dianggap suci, sebagaimana dikatakan oleh Ummu ‘Athiyah dalam hadits: …

(كنا لا نعد الكدرة والصفرة بعد الطهر شيئاً)

Kami (shahabiyah) tidak menganggap sedikitpun cairan kekuningan dan keruh setelah suci (yakni dimasa suci). Syarah Sunan Abu Dawud (3/38)


[1] Meskipun kedatangan haidh tidak menentu kadang di awal bulan ditengah atau di akhir namun dia bisa membedakan jenis darah dengan baud an warna.

Posted on Juli 11, 2012, in Fiqh - Fatawa Syaikh Al-Abbad. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.